Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kampung Berseri Astra Desa Telaga Murni Cikarang Bekasi

 

Kampung Berseri Astra Desa Telaga Murni Cikarang Bekasi
Kampung Berseri Astra Desa Telaga Murni Cikarang Bekasi


“Lingkungan Asri adalah Lingkungan yang Bersih, banyak Pepohonan dan jauh dari Pencemaran.”
 

 

Kalau ditanya kira-kira daerah mana yang masuk ke dalam kriteria lingkungan asri. Pasti jawabannya nama beberapa daerah seperti Malang, Yogyakarta ataupun Bali.

 

Sementara Bekasi, apalagi di kabupatennya. Tidak banyak memiliki daerah yang tergolong sebagai hunian dengan lingkungan yang asri.

 

Kalaupun banyak pepohonan, biasanya memang daerah yang masih banyak kebon (ini istilah orang Bekasi untuk menyebut lahan kebun yang tidak begitu luas dan tidak dimanfaatkan).

 

Namun, itu pun tidak tergolong asri. Justru seringnya dibilang angker karena banyak tanaman tak terurus. Bahkan, sering dijadikan persembunyian untuk makhluk yang berniat tak baik.

 

Karena keterbiasaan mayoritas warga Bekasi terhadap label bahwa lingkungan di wilayah ini jarang ada yang tergolong asri. Maka tidaklah heran kalau adanya salah satu desa di daerah Cikarang mendapat penghargaan sebagai Kampung Berseri Astra tahun 2020.

 

 

Kampung Berseri Astra Desa Telaga Murni Cikarang Bekasi
Kampung Berseri Astra Desa Telaga Murni Cikarang Bekasi

 

 

 

Bagaimana Cara Jadi Kampung Berseri Astra 

 

Siapa pun pasti ingin tinggal di lingkungan yang asri. Dimana saat bangun di pagi hari, bisa menghirup udara bebas yang segar tanpa membebani paru-paru dengan polusi.

 

Namun, siapa yang sangka kalau salah satu wilayah di desa Telaga Murni, Cikarang Barat, Bekasi. Dahulu adalah lokasi perumahan yang diabaikan oleh pihak developer.

 

Tidak banyak yang bisa dilakukan di sana. Ditambah, kebanyakan penghuni merupakan pekerja di kawasan industri.

 

Semakin tidak terbawa juga lingkungan di daerah tersebut.

 

Hingga suatu hari, beberapa gelintir warga memutuskan untuk gotong royong secara konsisten melakukan kegiatan sederhana.

 

Mulai dari membersihkan beberapa pojokan lingkungan yang kurang bersih. Menanam pepohonan di tempat yang bisa dimanfaatkan. Hingga menjaga kerapian penataan tanaman tersebut.

 

Upaya yang berlangsung tidak instan ini. Ternyata membuahkan hasil yang sangat memuaskan. Yaitu ketika Perumahan Telaga Murni bisa terpilih sebagai Kampung Berseri Astra pada tahun 2020.

 

Bahkan, upaya menjadikan tempat tinggal yang ramah lingkungan ini sudah berjalan di RW 05 dengan antusias warga yang cukup baik. Beberapa RT memaksimalkan peranan mereka.

 

Ada satu RT yang maksimal dalam pemanfaatan lahan hunian dengan menanam pohon buah. Ada wilayah RT yang kompak menjadikan sampah rumahan menjadi pupuk. Hingga ada juga wilayah RT yang memanfaatkan penanaman pohon sayur.

 

Semua pembagian ini melalui proses yang kompak dan damai. Warga yang awalnya tidak begitu antusias, namun sejak melihat hasil dari gerakan yang minimal dari beberapa warga lain. Akhirnya justru ikut bersemangat melestarikan lingkungan tempat tinggal.

 

Warga Giat Menambah Literasi Tentang Lingkungan Hidup

 

Desa Telaga Murni, terutama di Perumahan RW 05 ini, semua warganya banyak yang sudah melek literasi lingkungan hidup.

 

Hal pertama yang mereka lakukan adalah bekerja sama dengan PT. Yutaka yang merupakan CSR anak perusahaan PT. Astra Grup. Bentuk kerja sama yang dilakukan dengan membuka Bank Sampah.

 

Sampah yang sudah dikumpulkan di wilayah RW 5 ini akan dipisah berdasarkan nilai ekonomisnya. Baik dari jenis sampah organik maupun non organik.

 

Untuk sampah organik, nantinya akan dibantu para warga untuk diolah menjadi pupuk kompos. Yang nantinya bisa dijual kembali sehingga mendatangkan keuntungan.

 

Bahan sisa dapur lainnya seperti minyak jelantah juga dimaksimalkan manfaatnya. Minyak yang sudah terkumpul akan diolah kembali menjadi sabun dan banyak juga yang sudah mendatangkan keuntungan dari penjualannya.

 

Giat literasi ini tidak hanya dilakukan oleh para orang tua. Anak-anak juga diikutsertakan dalam program GEMILANG yaitu Gerakan Masyarakat Literasi Lingkungan. Melalui penyaluran literasi lingkungan pada anak-anak PAUD. Diharapkan nantinya mereka akan menjadi warga negara Indonesia yang sadar akan pentingnya menjaga lingkungan agar tetap sehat dan terjaga.

 


Meraih Penghargaan KBA 2020 di Masa Pandemi

 

Kampung Berseri Astra Desa Telaga Murni Cikarang Bekasi
Meraih Penghargaan KBA 2020 di Masa Pandemi

 


Upaya giat literasi lingkungan dan mewujudkannya, merupakan hal yang inspiratif. Kegiatan ini sangat bisa dijadikan contoh bagi wilayah lain agar bisa menciptakan lingkungan yang asri dan sehat tapi tetap bisa bernilai ekonomis.

 

Inilah yang menjadi tujuan dari program pengembangan dari Astra Grup untuk masyarakat berbasis komunitas yang terdiri dari empat pilar program. Pilar pendidikan, kesehatan, lingkungan dan wirausaha.

 

Dengan mewujudkan program dari Astra Grup ini, masyarakat diharapkan mampu menjaga keseimbangan lingkungan dan pendidikan serta mendatangkan keuntungan dari program kewirausahaan. Sehingga diharapkan juga bisa membuka lowongan pekerjaan dan ikut serta mengurangi kemiskinan.

 

Seperti yang sudah dilakukan oleh warga di RW 5 desa Telaga Murni ini. Semasa pandemi, justru mereka masih mampu mendatangkan cuan dari upaya budidaya yang dilakukan.

 

Ada yang budidaya maggot dan bisa dijual dengan harga yang cukup tinggi. Ada juga yang budidaya sayuran hingga ikan yang bisa memenuhi kebutuhan harian selama pandemi berlangsung.

 

Dari pencapaian warga desa Telaga Murni ini hingga berhasil menjadi Kampung Berseri Astra. Ada banyak hal yang bisa diambil dan dipraktekkan dalam kehidupan bermasyarakat di setiap daerah. Siapa tahu bisa juga mewujudkan lingkungan yang asri.

 

Hal inspiratif ini mungkin bisa menjadi awal untuk menjaga keseimbangan lingkungan dengan cara :

 

1. Mencukupkan diri dengan literasi lingkungan, bisa belajar dari cara menanam tanaman dan mencari informasi tanaman apa saja yang baik untuk kebersihan udara.

2. Belajar memilah dan memisahkan sampah rumah tangga.

3. Belajar pembuatan kompos atau pembuatan Eco Enzym dari sampah organik rumah tangga.

4. Kurangi penggunaan produk yang tidak ramah lingkungan.

5. Biasakan tidak membakar sampah agar tidak mencemari lingkungan

6. Cari tempat pengelolaan sampah seperti bank sampah

7. Donasikan barang yang ada di rumah dan masih bisa dipakai

8. Bergabung dengan komunitas pecinta lingkungan seperti komunitas bercocok tanam rumahan agar bisa dipraktekkan

9. Ajak tetangga untuk ikut serta juga menciptakan lingkungan yang hijau dan minim pembakaran sampah

10. Ikut serta dalam kegiatan masyarakat terutama dalam menjaga lingkungan agar bisa terwujud menjadi tempat tinggal yang asri dan rapi

 

Perwujudan lingkungan yang asri dengan masyarakat yang giat literasi lingkungan seperti di desa Telaga Murni. Menjadi harapan bahwa semua wilayah Bekasi juga bisa dan mungkin untuk ikut menerapkan kegiatan ini.

 

Agar bumi tidak semakin rusak. Dan juga agar udara tak lagi sedemikian panasnya.

 

Posting Komentar untuk "Kampung Berseri Astra Desa Telaga Murni Cikarang Bekasi"