Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Review Buku Cerita Anak Dwibahasa Bawang Merah Menghilangkan Racun


Review Buku Cerita Anak Dwibahasa Bawang Merah Menghilangkan Racun - Sejak tahu Balai Bahasa Jawa Timur rajin mengunggah hasil saembara cerita anak dwibahasa, saya jadi rajin kepo-kepo baca ceritanya. Dan kali ini saya membaca cerita buku berjudul "Bawang Merah, Menghilangkan Racun", sementara judul bahasa jawanya adalah "Brambang Ngilangke Racun?"


Review Buku Cerita Anak Dwibahasa Bawang Merah Menghilangkan Racun
Review Buku Cerita Anak Dwibahasa Bawang Merah Menghilangkan Racun


 

Setelah membaca blurbs buku anak "Bawang Merah, Menghilangkan Racun", saya jadi ngelirik diri sendiri yang memang tidak begitu suka dengan bawang merah. Tapi anehnya kalau digoreng ya kok doyan, hehehe ... kan jadi penasaran cerita yang ditulis oleh Mbak Diah Shanti ini.

 

Saya langsung mengakses link yang dibagikan, kemudian mengunduh ceritanya dan membaca satu halaman demi halaman. Saya berasa melanglang buana ke Kota Nganjuk. Terima kasih untuk ilustrasi kecenya Kak Alya Lintang F, membuat buku ini jadi enak sekali untuk dinikmati dan rencana ingin saya bacakan untuk anak.

 

Akan mengisahkan tentang apa sih buku "Bawang Merah, Menghilangkan Racun"? Baca reviewnya di bawah ini ya?

 

 

Detail Cerita Anak Dwibahasa Bawang Merah Menghilangkan Racun

 

  • Judul             : Bawang Merah, Menghilangkan Racun
  • Judul bahasa Jawa : Brambang Ngilangke Racun
  • Penulis          : Diah Shanti Utaminingtiyas
  • Ilustrator       : Alya Lintang F
  • Dikeluarkan oleh     : Balai Bahasa Provinsi Jawa Timur
  • Penerbit: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi
  • Media Baca    : PDF
  • Rilis              : Oktober 2023

 

 

Blurbs Cerita Anak Dwibahasa Bawang Merah Menghilangkan Racun

 

Caca telah tiba di Kota Nganjuk, kota penghasil bawang merah terbesar di Jawa Timur. Di sana, keluarga Siti, sepupu Caca menyuguhkan sayur lodeh bunga bawang merah. Caca tidak suka masakan itu. Dia menyisihkan irisan-irisan bawah merah di piringnya. Esoknya, ketika Siti dan Caca di sawah, Caca gatal-gatal dan bentol-bentol di lengannya karena bulu ulat.

 

Siti cepat-cepat mengobati lengan Caca dengan olesan tumbukan bawang merah. Caca lega karena sembuh dari gatal-gatal. Caca menjadi penasaran dengan bawang merah. Caca tidak lagi menyisakan bawang merah setelah mengetahui manfaatnya.

 

Review Cerita Anak Dwibahasa Bawang Merah Menghilangkan Racun


Review Buku Cerita Anak Dwibahasa Bawang Merah Menghilangkan Racun
Review Buku Cerita Anak Dwibahasa Bawang Merah Menghilangkan Racun


 

Buku Anak Dwibahasa Bawang Merah Menghilangkan Racun, mengisahkan perjalanan Caca yang main ke rumah Siti sepupunya di Kota Nganjuk. Kota yang terkenal sebagai penghasil bawang merah di Jawa Timur. Saya jadi langsung membayangkan sawah yang sejuk, penuh hijau daun bawang dan aromanya.

 

Caca sangat bahagia bertemu dengan sepupunya, dan langsung disambut oleh masakan khas pedesaan. Yaitu sayur lodeh bunga bawang merah, dan bawang merah goreng. Saya juga membayangkan bagaimana rasanya sayur lodeh bunga bawang merah, seumur-umur belum pernah merasakan sayur lodeh jenis ini hehehe ... kapan ya saya ke Nganjuk dan bisa merasakannya. Kalau bikin sendiri kayaknya kurang enak deh ya?

 

Seperti saya pastinya, Caca menyisihkan bawang merah di piringnya, dan juga menutup hidungnya. Tahu sendiri kan? Bawang merah itu nyenggrak banget di hidung.

 

Karena sedang musim panen, Siti mengajak Caca untuk memaneh bawang merah di sawah. Caca belajar mengikat daun bawang beserta bawang merahnya. Yang lantas membuat Caca tidak betah adalah tangannya terasa gatal, dan semakin lama semakin gatal. Untunglah Siti cepat tanggap, melihat lengan Caca bentol-bentol merah.

 

Siti mencari bawang merah, dan mengupas serta menumbuknya. Kemudian getahnya digosokkan ke lengan Caca. Perlahan rasa gatal tersebut mereda, Siti jadi lega. Dan Caca jadi penasaran, kok bisa bawang merah semanjur itu? Akhirnya Siti menjelaskan kepada Caca betapa banyak manfaat bawang merah untuk manusia. Tidak hanya mengobati rasa gatal bekas racun bulu ulat.

 

Jadi setelah ini apakah Caca akan menyukai makanan yang terbuat dari bahan bawang merah? Penasaran ya kan? Yuk baca buku "Cerita Anak Dwibahasa Bawang Merah Menghilangkan Racun", yang sudah bisa diunduh gratis. Cek link di bawah ya, untuk mengunduhnya. Selamat membaca dengan hati riang gembira.

 

Moral of the Story Cerita Anak Dwibahasa Bawang Merah Menghilangkan Racun

 

  • Anak-anak dapat mengenal kota penghasil bawang merah di Jawa Timur
  • Anak-anak bisa belajar manfaat bawang merah
  • Anak-anak bisa belajar mulai menyukai sayur daun bawang
  • Anak-anak jadi belajar mengenal sawah serta belajar bagaimana memanen bawang merah, dan lain sebagainya.

 

 

Sumber pendukung artikel

https://balaibahasajatim.kemdikbud.go.id/2023/10/17/brambang-ngilangke-racun/

 

Posting Komentar untuk "Review Buku Cerita Anak Dwibahasa Bawang Merah Menghilangkan Racun"