Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Sehat Simpan Daging Kurban


Tips Sehat Simpan Daging Kurban - Dalam hitungan hari sebentar lagi akan dilaksanakan hari raya Idul Adha. Allhamdulilah ya kita masih bisa bertemu lagi dengan hari raya yang identik dengan pemotongan hewan kurban.


Tips Sehat Simpan Daging Kurban
Tips Sehat Simpan Daging Kurban


 

Siapa yang sering jadi panitia pemotongan hewan kurban? Jujur saya belum pernah lho, hehehe ... Nggak tegaan kalau lihat hewat disembelih, atau motng-motong daging gitu. Beraninya cuma ngolah terus makan, tetapi tidak berani melihat prosesnya.

 

Jadi dalam postingan kali ini, saya akan berbagi tips sehat dalam menyimpan daging kurban. Karena biasanya setiap rumah tidak hanya mendapatkan satu paket ya? Ada yang sampai menerima beberapa paket, entah itu dari saudara dan lain sebagainya. Agar daging kurban tetap aman, dan bisa dikonsumsi dalam waktu yang lama. Baca tips di bawah ini yuk!

 

3 Tips Sehat Simpan Daging Kurban

 

1. Simpan di dalam lemari pendingin

 

Lemari pendingin atau sering kita sebut dengan kulkas, adalah tempat terbaik untuk menyimpan daging kurban. Tetapi harus pada bagian freezer ya? Catatan yang perlu diperhatikan adalah, suhunya harus konstan.

 

Yang dimaksud denga suhu konstan adalah tidak berubah-ubah. Misalnya pakai ukuran level 5, ya seterusnya 5.

 

2. Tidak perlu dicuci

 

Dilansir dari Benny Andista, dokter hewan lulusan Universitas Syuah Kuala, bahwa penyimpanan daging kurban sebaiknya tidak perlu dicuci. Mengapa? Karena apabila dicuci, akan menimbulkan bakteri baru, bisa dari cipratan air dan sebagainya.

 

3. Simpan dalam wadah tertutup dan pisahkan

 

Misalnya kita mendapatkan daging kurban, apakah seketika itu juga akan dimakan? Nah, kalau tidak atau akan dikonsumsi sebagian, sebaiknya dipisahkan menjadi dua. Satu wadah untuk dikonsumsi hari ini, dan satu wadah lagi untuk dikonsumsi besok-besok.

 

Yang perlu menjadi catatan adalah, hindari menyimpan daging dalam keadaan tidak dibagi. Karena bisa menimbulkan kontaminasi bakteri, jadi lebih baik dipisahkan. Dalam kasus misalnya daging diambil semua hanya dalam satu wadah, didiamkan. Kemudian diambil separuh, lantas dimasukkan lagi ini tidak bagus untuk keadaan daging itu sendiri.

 

Ketika dipisahkan dengan baik akan aman, dan bisa bertahan kurang lebih 4-6 bulan lamanya, demikian ungkap pak Benny.

 

Tips lain adalah, memasak daging dengan cara yang benar. Maksudnya adalah matang sempurna ya, jangan dikonsumsi setenga matang.

 

Demikian Tips Sehat Simpan Daging Kurban, semoga bermanfaat untuk teman-teman. Salam.

 

Posting Komentar untuk "Tips Sehat Simpan Daging Kurban"